CARA MENGHILANGKAN TUMIT KAKI PECAH-PECAH

10 Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Dari Dalam dan Luar | HonestDocs

Tumit pecah-pecah sebenarnya masalah yang umum terjadi, terutama saat cuaca panas. Kurangnya perawatan kaki juga bisa menjadi faktor terjadinya kulit pecah-pecah. Terkadang  tumit kaki pecah-pecah akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. tak hanya kurang enak dipandang, mempunyai kulit telapak kaki pecah-pecah terkadang menimbulkan rasa sakit saat menapak atau berdiri terlalu lama. Bahkan kaki pecah-pecah akan menimbulkan infeksi. 

Jika anda sedang mempunyai masalah tumit kaki pecah-pecah. Ada beberapa cara mengobatinya dengan cepat dan alami. Cara ini bisa anda lakukan sendiri di rumah dan pastinya akan lebih menghemat biaya. Hanya dengan melakukan secara rutin anda akan mengembalikan kondisi kaki seperti semula. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan, yaitu:

  • Gunakan  batu apung dan getah pepaya muda

Cara terbaik mengatasi masalah tumit kaki pecah-pecah adalah dengan mengembalikan nutrisi dan asupan vitamin untuk mencegah terjadinya kulit  kering. Selain itu menggunakan lotion pelembab juga bisa membantu mengatasi tumit pecah-pecah. Namun anda bisa menggunakan batu apung untuk hasil yang maksimal. Caranya gosok bagian telapak kaki dan tumit yang pecah-pecah dengan batu apung. Kemudian oleskan getah pepaya muda di atasnya lakukan secara teratur. Hal ini berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di telapak kaki atau tumit kaki

  • Garam

Garam merupakan obat ampuh untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah. Sebab garam akan membantu menjaga kelembapan kaki dan melancarkan peredaran darah di kaki secara alami. Caranya campurkan garam dengan air hangat. Kemudian rendam kaki ke air garam hangat tadi selama 10 menit. Setelah itu keringkan dan gunakan pelembap untuk menjaga kelembapannya. 

  • Bawang putih dan madu

Kandungan antibakteri dan antimikroba kedua bahan ini dapat membantu melembabkan kulit. Sekaligus akan mempercepat proses penyembuhan kaki pecah-pecah. Caranya haluskan bawang putih kemudian campurkan sedikit air. Oleskan pada telapak kaki yang pecah-pecah malam hari sebelum tidur. Saat bangun tidur, bersihkan tumit dengan air bersih lalu oleskan madu setelahnya. 

  • Pisang

Sifat pelembab alami pada pisang mampu mengatasi tumit kaki pecah-pecah dan melembutkan kulit kaki. karena kandungan vitamin pada pisang dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Caranya haluskan pisang yang sudah matang menjadi adonan pasta. Kemudian oleskan pada tumit kaki pecah-pecah, biarkan beberapa menit agar kulit menyerap dengan sempurna. Lalu cuci kaki sampai bersih, dan rendam pada air dingin selama 10 menit. Lakukan beberapa kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang efektif. 

  • Alpukat 

Daging buah alpukat dapat menjaga kelembaban pada kulit, karena mengandung banyak vitamin serta mineral. Alpukat juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kaki kusam, kering dan pecah-pecah. Caranya dengan haluskan daging buah alpukat, lalu oleskan pada kaki yang pecah-pecah. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. 

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa mempunyai sifat anti inflamasi dan antimikroba yang dapat membantu memperbaiki tumit pecah-pecah. Dan minyak kelapa juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Caranya hanya dengan mengoleskan minyak kelapa pada kaki setelah kaki direndam. Hal ini akan efektif dalam mengatasi kulit pecah-pecah.

Nah itulah beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi tumit kaki yang pecah-pecah. Lakukan cara tersebut dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. namun jika kondisi tumit kaki yang pecah-pecah tidak membaik. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah terjadinya infeksi. 

Leave a Comment