MENGENAL MACAM-MACAM BUMBU REMPAH YANG PALING SERING DIGUNAKAN UNTUK MEMASAK

MENGENAL MACAM-MACAM BUMBU REMPAH YANG PALING SERING DIGUNAKAN UNTUK MEMASAK

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Tak hanya itu bahkan negara ini juga pernah dijajah hanya karena negara ini kaya akan rempah-rempah. Membahas rempah-rempah sendiri, apakah kalian tahu apa itu sebenarnya rempah-rempah? Rempah-rempah merupakan sebuah bumbu yang biasanya dicampurkan di dalam makanan, dan akan meninggalkan cita rasa yang sangat khas dan sedap. Sebagian rempah-rempah juga digunakan sebagai bahan dasar pembuat minuman. Bahkan ada juga yang menggunakan rempah-rempah sebagai sumber obat alami. Meski saat ini sudah banyak negara yang menanam rempah-rempah yang sama dengan Indonesia. Namun rempah-rempah asli dari tanah Indonesia merupakan rempah-rempah yang paling di gemari banyak orang.

Macam-Macam Jenis Rempah-rempah Yang Biasa Di Gunakan Bumbu Masak

Masakan Indonesia terkenal akan rasa khas dari rempah-rempahnya. Selain rasa yang khas rempah-rempah tersebut juga dapat memberikan aroma harum yang sangat menggoda.  Beberapa makanan yang di oleh dengan berbagai macam rempah antara lain sate, rendang, tongseng, soto dan banyak lagi. Nah untuk anda yang saat ini belum tahu nama dari macam-macam jenis rempah tersebut, anda bisa menyimak informasi di bawah ini ;

  • Kunyit

Merupakan sebuah jenis rempah yang sangat banyak dijumpai di berbagai kota Indonesia. Kunyit sendiri memiliki warna kuning yang sangat khas. Untuk itu rempah ini sering digunakan sebagai pewarna alami makanan, seperti untuk membuat nasi kuning.

  • Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang membuat masakan menjadi terasa pedas dan jika dimakan akan memberikan sensasi hangat. Jahe juga terkenal akan aroma khasnya. Banyak juga orang yang menggunakan jahe sebagai bahan pembuat minuman.

  • Kencur

Bentuknya hampir sama dengan kedua rempah di atas, namun kencur mempunyai ukuran yang lebih kecil dan pendek. Kencur juga dapat memberikan rasa yang pedas. Kencur memiliki aroma harum yang lebih tajam jika dibandingkan jahe.

  • Kemiri

Kemiri merupakan rempah-rempah yang dapat membuat masakan terasa lebih gurih. Kemiri sering disebut juga sebagai penyedap rasa alami pada masakan.

  • Merica

Merica berbentuk butiran-butiran kecil yang cukup keras. Merica memiliki rasa yang pedas.  Banyak orang yang menggunakan rempah ini untuk membuat makanan yang pedas seperti rica-rica, tongseng , seblak dan lainnya.

  • Ketumbar

Rempah ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan merica. Namun ukuran ketumbar cenderung lebih kecil, dan selain itu ketumbar memiliki tekstur yang lebih mudah dihancurkan jika dibandingkan dengan merica. Kulit ketumbar juga lebih kasar jika dibandingkan dengan kulit merica. Ketumbar sering dipakai sebagai bumbu penyedap masakan.

  • Daun salam

Siapa sih yang tidak kenal dengan daun salam? Daun salam memiliki aroma harum yang sangat khas. Daun yang digunakan bisa berupa daun yang kering atau yang masih segar, keduanya tetap memiliki aroma harum yang sama pada masakan. Nah salah satu makanan yang terkenal dengan bau harum dari daun ini adalah nasi uduk.

  • Pala

Mungkin sebagian orang terutama yang kurang gemar memasak jarang mendengar rempah yang satu ini. Pala merupakan rempah yang berguna untuk memberikan cita rasa agak pedas dan pahit. Meski begitu jika digunakan sebagai bumbu masakan akan menambah rasa nikmat masakan tersebut, pala juga memberikan sensasi hangat pada tubuh setelah dikonsumsi.

Leave a Comment